.

Kelebihan dan Kelemahan Sistem Operasi Terbaru Windows 8 Beta

Dari judul yang tertera di atas, saya kira Sobat Jempoler sudah banyak yang tahu tentang apa itu Windows 8. Cepatnya kemajuan di bidang teknologi, membuat para perusahaan-perusahaan di bidang teknologi terus membuat perubahan. Hal ini pun di lakukan oleh perusahaan sistem operasi yang sudah populer di dunia Microsoft.

Microsoft pada tahun ini mempunyai proyek yang bisa di bilang sangat besar Sob,  di mana mereka akan mengeluarkan produk sistem operasi barunya yang bernama Windows 8.
Windows 8 sendiri yang di gadang-gadang mampu mengalahkan penjualan dari produk dari Microsoft sebelumnya yang bernama windows 7 dan bakal bersaing dengan sistem operasi Android dan dari produk Appel.

Sebenarnya Windows 8 sampai saat ini belum resmi keluar Sob, tetapi banyaknya pemberitaan di internet membuat produk ini sudah populer duluan. Pada ahir bulan Februari lalu dari pihak Microsoft sudah mengumumkan gambaran dari Windows 8 pada saat pameran di kota Barcelona, Spanyol. Bukan hanya itu saja, perusahaan yang bergerak di bidang sistem operasi ini juga memberikan Kita kesempatan untuk melihat dan merasakan sendiri kehebatan produk baru Microsoft ini dengan cara men Download langsung secara gratis sistem operasi Windows 8 ini. Untuk mendownload produk dari microsoft ini kamu bisa langsung mengunjungi ke situs resminya di http://windows.microsoft.com.

Bicara soal fitur Windows 8 mempunyai banyak fitur yang unik Sob, yang saya kira tampilannya berbeda jauh dengan produk sebelumnya. Berikut beberapa keunggulan dari Sistem operasi terbaru Windows 8:

Keunggulan Windows 8:

* Suport untuk Layar Sentuh (Touch Screen)
Ya, salah satu unsur utama yang dapat di unggulkan dari Windows 8 di banding windows 7 adalah fitur baru dalam penggunaan Layar Sentuhnya. Hal ini dilakukan mungkin karena dari pihak Microsoft tidak ingin ketinggalan dengan perusahaan sistem operasi lainnya yang sudah menggunakan fitur layar sentuh. Dan juga Microsoft ingin menjadikan Windows 8 ini sebagai nyawa di gatget, tablet pc, atau smartphone.


* Tampilan yang lebih Segar dan Modern
Soal ini pasti sudah tidak di ragukan lagi Sob, Kita bisa merasakan komputer kita menjadi terlihat lebih mahal dan profesional tentunya. Gambar di bawah ini akan menjelaskan beberapa tampilan utama yang jauh berbeda dan dapat di unggulkan ketimbang windows 7.







* Memiliki Password Gambar
Sistem Operasi yang memiliki spesifikasi untuk layar sentuh memang memerlukan password yang unik yaitu password dengan gambar. Untuk cara membuat password gambar mungkin akan saya bahas di postingan selanjutnya. Password gambar saya rasa juga akan lebih meningkatkan keamanaan dan kenyamanan dalam penggunaannya, dapat juga sebagai bahan untuk di pamerkan ke teman- teman sobat jempoler :) hehehe.

*Proses Booting seperti kilat
Booting Windows 8 saat pertama komputer di hidupkan di dalam demonya hanya berlangsung kurang dari 10 detik. Hal ini terbukti setelah saya menggunakan dan menginstall di Notebook PC saya yang bootnya tidak lebih dari 15 detik. Hal ini akan membuat kita lebih hemat waktu dan tidak perlu menunggu lama proses booting seperti pada versi terdahulu windows yang memerlukan waku hingga 30 detik bahkan bisa lebih.

*Spesifikasi Komputer Tidak Terlalu Besar
Windows 8 bisa di bilang tidak memiliki syarat yang terlalu berat untuk para komputer di era sekarang ini. Apabila komputer Sobat Jempoler sudah bisa di install sistem opersi Windows 7, saya kira komputer sobat juga bisa di Install windows 8.

Untuk komputer yang akan di install windows 8 (32 bit) kamu hanya perlu memenuhi syarat yaitu:
- RAM minimal 1 Gb
- Prosesor minimal 1 Ghz
- Resolusi layar minimal 1024 x 768 pixel 
- Sebuah kartu Grafis yang mendukung Microsoft DirectX 9 atau lebih tinggi.
-Hard drive minimal 16 Gb.

Sedangkan untuk komputer yang ingin di install windows 8 (64 bit) syaratnya adalah:
-RAM 2 Gb atau lebih
-Prosesor 2 GHz atau lebih
- Resolusi layar minimal 1024 x 768 pixel  
-Hard drive minimal 20 Gb
-Sebuah kartu grafis yang mendukung Microsoft DirectX 9 atau lebih tinggi.


Kelemahan Windows 8:

* Internet Explorer 10 yang belum sempurna
Aplikasi browser yang merupakan bawaan di setiap versi windows ini selalu diterapkan oleh pihak Microsoft. Internet Explorer sampai saat ini di perkirakan belum sempurna dan masih kalah dari aplikasi browser sejenisnya. Untuk masalah seperti ini mungkin sobat jempoler tidak perlu mengkawatirkanya karena kita masih bisa menggunakan aplikasi browser sejenisnya.

* Belum berfungsinya Windows Media Player
Saat saya mencoba memutar video di Windows Media Player menggunakan Windows 8 Ternyata tidak dapat dilakukan. Dan setelah saya browsing di internet ternyata pihak Microsoft menyatakan tidak menjadikan Windows Media Player sebagai aplikasi yang gratisan, hal ini di sebabkan Microsoft ingin  menjadikan WMP sebgai apliaksi yang komersil.

* Flash yang tidak berfungsi di PC Tablet
Penggunaan Windows 8 yang  untuk Tablet PC ternyata tidak mendukung untuk content Flash Sob, hal itu meliputi Flash pada aplikasi multimedia, video maupun pada game.
Yang perlu Sobat Jempoler tahu ternyata Microsoft memang sengaja membuat Windows 8 ini tidak bisa mendukung konten Flash di Tablet PC. Pihak pengembang Microsoft beralasan bahwa melakukan hal ini sengaja agar baterai Tablet tetap hemat,  privasi Tablet yang terjaga dan meningkatkan keamanan. Hal ini dikarenakan pada beberapa progam aplikasi dan perangkat tablet lainnya, penggunaan Flash justru menyebabkan data rusak.

* Tidak bisa menutup Aplikasi bawaan dari windows 8 yang telah di buka secara langsung.
Aplikasi di home screen memang mudah diakses hanya dengan 1 kali klik saja sob. Namun perlu Sobat Jempoler tahu bahwa pada bagian aplikasi dengan layar penuh, Kamu tidak bisa dengan mudah menutupnya. Hal ini dikarenakan tidak ada tombol untuk menutup jendela aplikasi. Jika Kamu sudah terbiasa membuka program Aplikasi-aplikasi menggunakan system operasi windows versi sebelumnya seperti windows7 dan vista maka Sobat Jempoler saya rasa akan kebingungan, karena cara menutup aplikasi tersebut hanya dengan menekan tombol start pada keyboard. Jadi aplikasi akan selamanya terbuka atau hanya tersembunyi. Tetapi jangan kawatir Sob, Windows 8 akan mengatasi ini dengan cara otomatis, aplikasi yang tidak dipakai dalam jangka waktu tertentu prosesnya akan disusutkan oleh sistem Windows 8.

Demikianlah hal-hal keunggulan dan kekurangan dari sistem operasi Windows 8 yang saya ketahui. Jika ada Sobat Jempoler yang ingin menambahkan, saya sangat berharap hal itu.

0 comments:

Posting Komentar