.

Cara Masuk Bios Di Windows 8


Windows 8 memang menghadirkan sesuatu yang lebih menarik dan lebih bagus, namun hal ini juga cukup membingungkan para penguna barunya, Fitur-fitur baru atau fitur yang sama namun untuk cara mengasksesnya berbeda dari versi sebelumnya. Salah satunya adalah jika Anda mengunakan Windows Xp atau Windows 7 atau versi sebelumnya, Kita hanya perlu menekan tombol F1 atau Delete untuk masuk ke BOOT BIOS setting, Namun di windows 8 Anda akan sulit masuk Bios dengan cara lama seperti itu karena di Windows 8 Anda hanya di beri waktu 0,200 mili detik atau sekitar 0,2 detik untuk masuk BIOS saat booting. Hal ini dikarenakan Microsoft telah merombak fitur lamanya di Boot setting Windows 8, dan kata-kata Bios atau yang bahasa panjangnya Basic input Output ini telah di gantikan dengan teknologi baru yang di sebut UEFI (Unified Extensible Firmware Interface).

Antar muka firmwere buatan Intel ini fungsinya tidak jauh berbeda dengan BIOS, UEFI merupakan spesifikasi yang fungsinya untuk mendefinisikan perangkat lunak antarmuka antara sistem operasi dan platform firmware. Tujuan Microsoft menggunakan UEFI di Windows 8 adalah untuk meningkatkan keamanan privasi pengguna komputer. Karena dengan UEFI ini Anda wajib memasukan nama akun dan password komputer sebelum dapat melakukan berbagai pengaturan. Teknologi UEFI boot ternyata sudah di gunakan juga di Sistem Operasi MAC buatan Apple.

Untuk masuk Booting UEFI di Windows 8 sebenarnya cukup mudah, Anda bisa mengikuti cara yang  cukup sederhana berikut ini.

1. Klik tombol Windows key + C untuk menunjukan Bar utama atau dengan mengarahkan kursor mouseke pojok kanan atas, lalu klik Setting Menu.



















2. Pada PC Setting Pilih More PC settings di paling bawah.







3. Tunggu beberapa saat  hingga muncul jendela PC SETTINGS, arahkan pointer ke tab General, lalu pilih Restart Now di paling bawah.

4. Tunggu Beberapa saat sampai komputer selesai melakukan restart, Anda akan masuk di jendela Choose An Option, di sini Anda akan di sajikan 5 pilihan, pilih saja Troubleshoot.
























5. Di Advanced options anda pilih saja UEFI Firmware Settings dan Anda kini telah masuk di Biosnya Windows 8.





0 comments:

Posting Komentar