.

Penyebab Dan Cara Mudah Mengatasi Komputer Yang Lambat

Kinerja komputer yang lambat seperti siput adalah hal yang sangat menyebalkan dan membosankan. Hal ini sering saya temui di bengkel komputer saat masih jadi tukang service.
Masalah klasik ini sebenarnya dapat Anda atasi sendiri dengan mudah tanpa harus pergi jauh-jauh ke bengkel komputer dan merogoh dompet.

Di bawah ini adalah beberapa penyabab dan hal mudah dalam mengatasi PC yang lambat seperti siput.

1. Program Dan Apikasi
Banyaknya program dan aplikasi yang melekat di laptop anda tentu saja akan membuat kerja komputer mengeluarkan keingat lebih banyak. Anda perlu melakukan un install pada aplikasi atau game-game yang tidak begitu anda sukai. Hal ini bertujuan agar kinerja PC dapat meningkat.
Untuk melakukan Un install program caranya sangat mudah yaitu:
- Klik start
- Control panel
- Program
- Program and features
- Pilih program yang akan di un install
- Klik kanan un install dan tunggu atau ikuti langkah selanjutnya sampai selesai.

2. Start Up Program
Banyaknya program atau anti virus yang menempel di saat start up komputer berjalan merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan komputer lola. Dibutuhkanya ruang tersendiri untuk program yang melakukan start up inilah yang menjadi penyebab laptop atau notebook lambat.
Untuk tidak memunculkan program-program pada strat up caranya adalah:
- Klik start
- Pilih Run
- Tulis msconfig
- Pilih menu start up
- Klik "open task manager"
- Pilih program yang akan di disable dari start up.

3. Kamar Data Berantakan
Berantakan dan tidak rapihnya data yang tersimpan di hard disk membuat komputer lambat saat mencari data yang anda inginkan. Anda perlu merapihkan kembali data-data yang telah anda simpan dengan memasukan ke folder dan tempat yang sesuai. Selain itu anda juga perlu sering dan teratur mendefragment harddisk agar file-file yang ada di dalamnya menjadi rapi dan teratur sehingga akan meringankan kerja dan meningkatkan kinerja komputer.
Untuk cara mendefragment harddisk caranya adalah:
- Klik start
- My computer
- Pilih disk yang akan di defragment misal disk C
- Klik kanan lokal disk C
- Pilih Properties, lalu pilih tool
- Klik tombol Optimize dan tunggu sampai proses selesai.

4. Menumpuknya Sampah Data Dan File Temporary
Banyaknya data-data sampah seperti File System Issues yang terdeteksi oleh anti virus yang tersimpan dan File Temporary pada sistem komputer lama kelamaan akan membuat kinerja komputer semakin berat dan menjadi lambat.  Maka setiap minggu atau bulan cobalah luangkan waktu untuk membersihkan file tak berguna di hardisk. Harddisk yang tidak memiliki banyak ruang kosong juga perlu di waspadai.
Untuk menghapus File Temporary caranya adalah:
* Dengan cara mengapus langsung yang berlokasi di C:\Documents and Settings\nama_user\Local Settings\Temp dan C:\WINDOWS\Temp
* Atau melakukan clan up dengan cara:
- Klik start
- Pilih RUN
- Tulis cleanmgr
- Pilih lokasi file yang akan di bersihkan dan tunggu sampai proses selesai.

5. Virus
Masuknya virus di komputer anda jelas menjadi faktor yang perlu di waspadai, tidak hanya dapat memberatkan kinerja dan memperlambat komputer namun dapat berakibat fatal jika di biarkan. Maka saran saya rajin-rajinlah melakukan scan dan up date anti virus terbaru untuk menjaga daya tahan Pc anda.

6. Spesifikasi Komputer
Penggunaan sistem operasi, program alpikasi, anti virus dan yang lain yang tidak sesuai dengan spek hardware yang di gunakan jelas akan sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer. Misalkan saja anda menggunakan sistem operasi windows 7 dan komputer anda hanya memiliki RAM 256 Mb dan Prosesor Pentium 4, ini jelas sangat berpengaruh terhadap kinerja komputar. Maka Anda perlu mengetahui dan mengukur apakah komputer dengan spesifikasi yang anda miliki akan sanggup menjalankan program-program berat.

7. Sistem Files Yang Corrupt
Penyebab yang satu ini di biasanya di pengaruhi oleh faktor cacatnya file saat melakukan penginstallan software dan juga bisa di sebabkan karena komputer telah di terselusupi oleh virus sehingga mengakibatkan terhapus oleh anti virus. Cara memperbaiki sistem files yang corrupt adalah dengan melakukan repair pada komputer anda untuk memperbaiki struktur sistem operasi.

8. Panas Dalam
Komputer juga dapat terserang panas yang berlebihan, bukan karena sedang musim kemarau atau panas namun karena pemakaian yang berlebihan menjadi faktor utama penyebab over heat. selain itu komputer yang tidak pernah di bersihkan membuat komponen dalam CPU menjadi kotor dan sirkulasi udara menjadi terganggu. Kejadian ini jelas sangat berpengaruh terhadap kinerja komputer dan dapat menyebabkan komputer sering hang "mati" dan restart sendiri.
Solusinya adalah tidak menggunakan komputer terlalu lama, kalau untuk bermain games usahakan menambah pendingin di CPU komputer untuk menjaga suhu Prosesor, hard disk, VGA dan juga yang lainnya. Rajin- rajinlah juga dalam menbersihkan komponen-komponen yang ada dalam komputer.

9. Usia Harddisk
Harddisk yang semakin tua seperti manusia saja, lama-kelamaan kinerjanya semakin menurun. Anda perlu mengganti dengan yang baru ketika performanya sudah tidak bisa di andalkan. Kalau anda tidak mempunyai uang yang cukup untuk itu anda perlu memback up seluruh data yang telah ada dan melakukan format keseluruhan terhadap isi harddisk.
Hal ini memang cukup membantu tapi yang paling baik adalah dengan mengganti dengan yang baru.

10. Penampilan
Komputer yang memiliki penampilan dan menambahkan fitur-fitur baru yang penuh dengan animasi dan resolusi tinggi cukup mengambil peranaan dalam menambah beban kinerja komputer. Hal ini di karenakan RAM dan VGA akan semakin di beri suplay tenaga oleh komuter. Solusi mengatasi masalah ini ada pada diri anda, mau komputer memiliki tampilan yang memukau namun kinerjanya memalukan atau sebaliknya.

11. Internet Dan Jaringan
Hal ini akan bisa berpengaruh terhadap kecepatan komputer. Melakukan browser di inernet atau mendownlaod terlalu banyak tanpa memberi ampun, akan bisa menyebabkan komupter melmbat bahkan hang. Caranya adalah lakukan browsing atau download satu per satu atau tidak usah terlalu banyak.


9 comments:

  1. thank gan atas info y.

    BalasHapus
  2. point keterakhir itu RAM mas, pokoknya 60% PC jadi lambat dikarenakan pemakaian Memory (RAM) yang terlalu berlebihan :)
    The Jokowi's

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas bantu saran dong kadang ini windows tiba" not responding/frag saat main game/streaming sambil buka game ada solusi?
      windows 8 intel i5 ram 4gb vga nvidia 710m processor 1,8 Ghz

      Hapus
  3. BANTU PROSES KARTU KREDIT BANK BNI SYARIAH
    BNI Syariah Hasanah Card Classic credit card
    BNI Syariah Hasanah Card Classic
    Mencari kartu kredit yang menggunakan prinsip syariah? BNI Syariah Hasanah Card Classic jawabannya yang menggunakan Akad Kafalah, Qardh, dan Ijarah.
    INFO pin 582F4A2E TLP/SMS/WA DI 085600125176/FB CHAIRUL ICHSAN BUANA atau di duniabuana@rocketmail.com. alamat email di rooly88@gmail.com, melayani nasabah di seluruh nusantara
    BP CHAIRUL SARTO UTOMO untuk
    KANTOR BASECAMP DIVISI MARKETING DI
    JL PANDA BARAT V NO 7
    Berikut Alamat dan Nomor Telepon Bank BNI Syariah Kantor Cabang Semarang.
    Alamat: Jl Ahmad Yani No. 152, Semarang 50242.
    Nomor Telepon: (024) 831 3247 831 5027
    Nomor Faks: (024) 831 3217
    karyawan lampirkan syarat fc ktp slip gaji min 3 juta npwp wajib, wiraswasta lampirkan fc ktp,npwp,siup dan tdp untuk wiraswasta wajib ada no fixline ( telp kabel ) di tempat usahanya
    proses berkas dikirim via emai/wa/line/bbm dan 100% aman bisa hub no bni syariah ahmad yani untuk menanyakan nama saya ,atau
    BNI Syariah Call Center 500046 atau 68888 melalui ponsel.
    proses kurang lebih 14 hari kerja, TERIMA KASIH

    BalasHapus
  4. artikelnya sangat bermanfaat sekali gan. klo dari pengalaman ane kebanyakan yang bikin laptop atau kompi lemot itu dari no.1 sampai no.5 gan.

    kunjung balik ya gan:
    http://ariskomputer.com/
    http://tangsel.ariskomputer.com/

    Terima Kasih Banyak

    BalasHapus
  5. terima kasih artikelnya
    bisa langsung dicoba di laptop nih
    top info

    BalasHapus
  6. Infonya sangat menarik....
    bagi yg berminat ingin kursus Android dan Website bisa cek link di bawah ini:
    https://www.lauwba.com

    BalasHapus
  7. trims min, saya udah coba cara ini dan berhasil
    solder uap

    BalasHapus